Pages

mencari

Memuat...

Kamis, 01 Desember 2011

ARTIKEL MICROSOFT ACCESS 2007


ARTIKEL MICROSOFT ACCESS 2007



Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan Microsoft Access di antaranya dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.
Sebelum memulai sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memiliki anggapan bahwa Microsoft Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan cepat untuk melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya.

MEMULAI MICROSOFT ACCESS

Sebelum memulai Microsoft Access, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu database dan apa saja komponen yang ada di dalamnya.

Pengertian Tabel, Field dan Record

Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan dari beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan. Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut :





Jadi yang dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel. Sedangkanrecord adalah isian data yang dimiliki oleh tabel.
Untuk memulai Microsoft Access yaitu dimulai dengan tombol Start > Programs > Microsoft Office > MS Access 2007
Akan muncul tampilan jendela standar seperti berikut.









Pada saat Anda pertama kali menjalankan Microsoft Access maka di panel kanan terdapat Open Recent Database yang digunakan untuk membuka file database yang pernah tersimpan. Bila Anda ingin membuat File Access baru, maka Anda perlu mengklik kiri tombol Office Button yang terdapat di kiri-atas jendela Access kemudian klik New (berlogo kertas kosong)





Berikutnya ketik nama database baru tersebut di bagian kanan bawah jendela kemudian klik tombol Create





Selanjutnya Anda tinggal melakukan pengeditan pada field yang terdapat di lembar kerja dengan cara:
klik icon View > Design View, selanjutnya di dialog Save As, klik OK untuk memberi nama pada setiap field serta memberikan atribut pada setiap filed tersebut.











1 komentar: